Laptop Bagus Untuk Gaming Terbaru dari MacBook Pro - Indonesia -->

Laptop Bagus Untuk Gaming Terbaru dari MacBook Pro


Laptop Bagus Untuk Pengusaha

Laptop Bagus Untuk Gaming - MacBook Pro 14-inci (2021), yang lebih kecil dari dua MacBook Pro  yang baru-baru ini diluncurkan Apple, secara resmi diluncurkan di pasaran, dan debutnya tidak mengecewakan. 

Didukung oleh pilihan M1 Pro dan M1 Max , chip Apple amat cocok untuk kalangan profesional kreatif  karena menggabungkan bentuk dan kekuatan fisik yang terbaik  dan casing portabel .

Di masa lalu, Apple telah, bertentangan dengan keinginan penggunanya, menempatkan desain di atas fungsionalitas, yang menyebabkan MacBook sebelumnya datang dengan jumlah port yang sedikit demi tetap tipis dan ringan. Kali ini, Apple tidak hanya mendengarkan (akhirnya) pelanggannya, tetapi juga menerima umpan balik mereka.

Baca juga : Laptop Bisnis Terbaik 

Jadi, sekarang Apple memiliki MacBook Pro 14-inci (2021), laptop yang masih relatif kompak dengan banyak pilihan port  antara lain menawarkan tiga port Thunderbolt 4, satu port HDMI, slot kartu SDXC, dan port MagSafe 3 untuk pengisian daya – dan banyak kelebihan di dalamnya. 

Laptop ini amat mahal dan boleh jadi hanya orang tertentu saja yang memilikinya. Ini menawarkan tingkat spesifikasi yang kebanyakan orang tidak akan pernah butuhkan, dan harga mulai dari $1,999 / £1,899 / AU$2,999.

Namun, jika Anda memang membutuhkan spesifikasi laptop semacam ini, misalnya untuk mengedit rekaman 8K, mengatur skor musik yang rumit, atau menyusun dan menguji kode yang rumit, maka Anda tidak akan menemukan laptop yang lebih baik selain laptop ini.

MacBook Pro 14-inci tidak hanya bagian internal yang ditingkatkan dengan kemampuan chip M1 Pro dan M1 Max yang baru, tetapi layarnya juga telah dirombak. 

Sekarang lebih besar dari model 13 inci, dan sekarang menjadi layar Liquid Retina XDR yang menampilkan teknologi mini-LED. 

Teknologi mini-LED sama dengan yang ditemukan di iPad Pro baru, dan di sini sama mengesankannya, menawarkan rasio kontras 1.000.000:1 yang luar biasa. 

Jika Anda mengerjakan foto dan video HDR, konten Anda tidak akan pernah terlihat sebagus ini. Teknologi ProMotion juga disertakan, yang menawarkan kecepatan refresh hingga 120Hz, yang dapat disesuaikan tergantung pada gerakan konten di layar. 

Ini tidak hanya membuat video tampak hebat, tetapi bahkan menggulir situs web mendapat manfaat dari teknologi ini, karena sekarang terasa halus dan responsif. Seperti layar MacBook Pro sebelumnya, ia juga mendukung gamut warna lebar P3.

Daya tahan baterai juga telah diperpanjang secara drastis, dan sekarang dapat mencapai 17 jam, yang luar biasa untuk laptop workstation sekaliber ini. 

Tidak hanya itu, MacBook Pro 14-inci terus mengerjakan tugas-tugas kompleks bahkan saat menggunakan daya baterai, daripada memperlambat kinerja seperti laptop lain untuk menghemat masa pakai baterai.

Di sinilah kontrol Apple atas perangkat keras, dengan silikon M1 Pro atau M1 Max sendiri, dan perangkat lunak, dengan macOS Monterey, benar-benar terbayar, karena memungkinkan perusahaan untuk menyempurnakan kinerja dan konsumsi daya untuk menghasilkan laptop yang kuat. yang dapat bertahan lebih lama - dan mengungguli - kompetisi.

Webcam 1080p yang ditingkatkan dan speaker berkualitas studio melengkapi peningkatan yang telah ditambahkan Apple di sini. 

Ini sangat penting di zaman sekarang ini ketika banyak dari kita bekerja dari jarak jauh, dan semuanya menambah laptop profesional yang benar-benar mengesankan. Jika Anda seorang profesional kreatif yang mencari laptop baru untuk digunakan, maka MacBook Pro 14-inci (2021) adalah laptop terbaik yang dapat Anda beli saat ini.

Spesifikasi MacBook Pro 14-inci

  • CPU: Apple M1 Pro (10-core)
  • Grafik:
  • RAM GPU 16-core terintegrasi : Memori terpadu 32GB
  • Layar: 14,2 inci, 3.024 x 1.964 Layar Liquid Retina XDR (LED mini, kecerahan berkelanjutan 1.000 nits, gamut P3 warna lebar, Teknologi ProMotion)
  • Penyimpanan: 512GB SSD
  • Port: 3x Thunderbolt 4 (USB-C), HDMI, slot kartu SDXC, jack headphone 3,5mm, MagSafe 3
  • Konektivitas: Wi-Fi 6, Bluetooth 5.0
  • Kamera: Webcam HD FaceTime 1080p
  • Berat: 3,5 pon (1.6kg)
  • Ukuran: 12,31 x 8,71 x 0,61 inci (31,26 x 22,12 x 1,55cm; P x L x T)

MacBook Pro 14-inci (2021) yang baru adalah laptop yang sangat ambisius baik dari segi perangkat keras maupun desain, dan ditujukan untuk para profesional kreatif yang membutuhkan perangkat keras seluler yang kuat, dan itu berarti ini adalah laptop yang mahal. Laptop yang sangat mahal.

MacBook Pro 14-inci (2021) dengan CPU 8-Core, 14-Core GPU M1 Pro dengan memori terpadu 16GB dan penyimpanan SSD 512GB mulai dari $1,999 / £1,899 / AU$2,999, ($1,899 untuk pendidikan), dan semakin kuat CPU 10-Core, 16-Core GPU M1 Pro dengan Memori Terpadu 16GB dan penyimpanan SSD 1TB akan membuat Anda membayar $2.499 / £2.399 / AU$3.749 yang lumayan.

Anda dapat mengonfigurasi MacBook Pro 14-inci dengan lebih banyak RAM dan ruang penyimpanan, dengan memori terpadu 16GB, 32GB, dan 64GB, dan penyimpanan SSD hingga 8TB, yang tentu saja juga menambah harga.

Anda juga dapat meningkatkan dari chip M1 Pro ke chip M1 Max yang jauh lebih bertenaga. Ini membawa memori yang lebih cepat (dan hingga 64GB), dan menggandakan kinerja grafis. Menambahkan M1 Max dengan CPU 10-core dan GPU 24-core akan menambahkan $500 / £500 / AU$750 yang lumayan ke harga yang diminta, sedangkan M1 Max kelas atas dengan CPU 10-core dan GPU 32-core akan menambah tambahan $700 / £700 / AU$1.050.

Konfigurasi maksimum CPU 10-core dan prosesor 32-core GPU M1 Max, 64GB RAM dan 8TB penyimpanan SSD berharga $5.899 / £5.799 / AU$8.849.

Ini adalah jumlah uang yang sangat besar untuk siapa pun, jadi Anda harus benar-benar mempertimbangkan apakah Anda membutuhkan jenis daya yang ditawarkan MacBook Pro 14-inci yang baru. 

Jika tidak, tetapi masih menginginkan MacBook modern untuk melakukan pengeditan video dan karya kreatif lainnya, maka selalu ada MacBook Pro 13 inci (M1, 2020) . 

Muncul dengan chip M1 yang kurang kuat , tetapi dalam pengujian kami masih merupakan pemain yang mengesankan, bahkan saat mengedit video dalam 8K, dan dengan label harga mulai dari $1,299 / £1,299 / AU$1,999 untuk model 256GB SSD/8GB RAM, dengan chip M1 dengan CPU 8-inti dan GPU 8-inti.

Bagi banyak orang, itu akan menjadi model yang lebih realistis untuk dipilih, menawarkan kekuatan yang Anda butuhkan tetapi tanpa label harga yang begitu tinggi. 

Namun, bagi orang yang membutuhkan lebih banyak , MacBook Pro 14-inci menawarkan langkah itu.

Banyak dari kita telah meminta desain ulang MacBook Pro selama bertahun-tahun, dan dengan MacBook Pro 14-inci (2021) akhirnya kita mendapatkannya. 

Ini adalah perombakan terbesar yang pernah dilakukan jajarannya selama bertahun-tahun, dan rasanya Apple sekali lagi bersemangat dan bersemangat tentang MacBook Pro – dan kegembiraan itu menular.

Perubahan desain yang paling mencolok adalah ukuran layar baru 14,2 inci, peningkatan hampir satu inci pada layar 13,3 inci yang disertakan dengan MacBook Pro 13 inci.

Layar ekstra real estat ini digunakan dengan baik, menawarkan Anda area yang jauh lebih besar untuk dikerjakan daripada model 13 inci, tanpa terlalu banyak meningkatkan ukuran keseluruhan laptop. 

Jika MacBook Pro 16 inci terasa terlalu besar, dan MacBook Pro 13 inci terlalu kecil, maka 14 inci bisa menjadi kompromi yang sempurna.

Selain peningkatan ukuran layar, resolusi juga telah ditingkatkan dari 2.560 x 1.600 pada 13-inci menjadi 3.024 x 1.964, yang meningkatkan kerapatan piksel dari 227 piksel per inci (PPI) menjadi 254 PPI. Tidak hanya layarnya yang lebih besar, tetapi juga lebih tajam.

Bezel di sekitar layar juga telah dirampingkan. Lingkungan tebal MacBook sebelumnya adalah salah satu bugbears terbesar kami. 

Mereka membuat laptop terlihat besar dan ketinggalan jaman, sementara pesaing seperti Dell mengeluarkan laptop dengan bezel yang lebih tipis di sekitar layar.

Jadi, bezel yang lebih tipis pada MacBook Pro 14 inci sangat disambut. Tidak hanya membuat laptop terlihat lebih modern, dan membuat perhatian penuh Anda tertuju pada layar yang indah itu, tetapi itu berarti bahwa Apple telah berhasil masuk ke layar yang lebih besar tanpa membuat tubuh MacBook Pro yang sebenarnya lebih besar.

Dimensinya adalah 12,31 x 8,71 0,61 inci (31,26 x 22,12 x 1,55 cm), yang tidak jauh lebih besar dari dimensi 11,97 x 8,36 x 0,61 inci (30,41 x 21,24 x 1,56cm) dari MacBook Pro 13 inci. Mempertimbangkan benjolan dalam ukuran layar, ini cukup luar biasa.

Namun, bezel yang dirampingkan ada harganya, karena Apple telah memperkenalkan salah satu keputusan desainnya yang paling kontroversial dalam memori baru-baru ini – 'takik' yang mengelilingi webcam.

Tidak seperti lekukan kamera iPhone, yang menimbulkan kontroversi tersendiri saat diperkenalkan, lekukan di MacBook Pro 14-inci (dan MacBook Pro 16-inci baru, yang juga memilikinya) datar.

Ini tentu terlihat, karena takik memanjang ke bawah ke bilah menu yang membentang di sepanjang bagian atas layar. 

Namun, macOS Monterey, yang sudah diinstal sebelumnya di MacBook Pro 14-inci (2021), dirancang untuk menghadapinya. 

Bilah menu aplikasi menyesuaikan dengan takik, jadi jika ada banyak entri menu yang berjalan di sepanjang bilah menu, mereka akan diatur ulang sehingga muncul di kedua sisi takik. Kursor mouse, sementara itu, bergerak di bawah takik.

Ini bukan solusi yang paling elegan, dan Apple belum menjelaskan mengapa takik diperlukan. Sementara webcam telah ditingkatkan dengan resolusi 1080p dan sensor yang lebih besar, dan banyak laptop lain memiliki kamera 1080p dan bezel tipis tanpa memerlukan takik serupa. 

Tidak seperti iPhone, MacBook Pro baru tidak mendukung ID Wajah, yang memungkinkan Anda masuk dengan memindai wajah Anda.

Namun, itu bukan pemecah kesepakatan yang dibuat oleh banyak orang. Ini sebenarnya memungkinkan lebih banyak ruang layar, karena bilah menu itu sendiri sekarang lebih tinggi (berkat bezel yang dikurangi). 

Ini memungkinkan aplikasi untuk mengambil lebih banyak ruang layar di bawahnya, menghasilkan lebih banyak real estat desktop untuk dikerjakan.

Juga, saat menggunakan aplikasi dalam mode layar penuh, atau menonton video, Anda tidak akan melihat takik, karena bagian layar itu menjadi gelap.

Saat Anda membuka MacBook Pro 14-inci, desain ulang besar lainnya muncul dengan sendirinya: tidak ada lagi Touch Bar yang berjalan di sepanjang bagian atas keyboard. 

Layar tipis ini disertakan dalam berbagai model MacBook Pro mulai tahun 2016 dan seterusnya, menggantikan tombol fungsi fisik. Sebaliknya, itu menunjukkan tombol interaktif yang peka konteks dan akan berubah tergantung pada aplikasi yang Anda gunakan.

Touch Bar terbukti tidak populer di antara beberapa pengguna yang menganggapnya menarik perhatian, dan pembuat aplikasi pihak ketiga tidak benar-benar menggunakannya secara maksimal.

Dengan MacBook Pro baru, Touch Bar hilang, digantikan oleh kembalinya kunci fisik. Masih ada tombol Touch ID, untuk masuk hanya menggunakan sidik jari Anda, dan itu terus berfungsi dengan baik. 

Jika Anda tidak menyukai Touch Bar, maka Anda akan senang melihat bagian belakangnya, tetapi ketiadaannya akan mengecewakan siapa pun yang benar-benar menyukai fitur tersebut.

Keyboard lainnya adalah Keyboard Ajaib yang sama yang ditemukan di MacBook terbaru. Ini bukan hal yang buruk sama sekali, karena responsif dan terasa menyenangkan untuk mengetik. 

Ini juga andal – yang sangat penting setelah masalah Apple dengan keyboard Butterfly lama di MacBook lama, yang rentan pecah jika remah atau debu mendekatinya.

Perubahan desain utama lainnya adalah ketika datang ke port, dengan MacBook Pro 14-inci (2021) menampilkan tiga port Thunderbolt 4, satu port HDMI, slot kartu SDXC, dan port MagSafe 3.

Dengan semua port yang Anda inginkan, Anda dapat menghubungkan hingga tiga Pro Display XDR dan TV 4K dengan M1 Max, atau dua Pro Display XDR jika Anda memilih M1 Pro.

Peningkatan port ini sangat disambut baik, karena kami telah mengeluh di masa lalu bahwa MacBook Pro tidak dilengkapi dengan cukup banyak port. 

Ini adalah laptop yang ditujukan untuk para profesional, jadi meskipun hanya memiliki beberapa port USB-C pada laptop konsumen seperti MacBook Air tidak masalah, untuk laptop profesional, Anda memerlukan lebih banyak port, karena kemungkinan besar Anda akan mencolokkan lebih banyak peralatan.

Tampaknya Apple telah mendengarkan pelanggannya, dan secara drastis meningkatkan pemilihan port. Slot kartu memori akan disambut oleh fotografer yang ingin mentransfer foto mereka dengan cepat ke MacBook Pro untuk mengeditnya, dan port HDMI ukuran penuh berarti Anda dapat mencolokkan laptop ini ke TV atau monitor tanpa memerlukan adaptor.

Sangat menyenangkan melihat Apple menanggapi pelanggannya seperti ini, dan ini mengatasi salah satu keluhan terbesar kami dengan model sebelumnya.

Port baru ini berarti MacBook Pro 14-inci lebih tebal daripada model sebelumnya, dan rasanya hampir retro untuk melihat port HDMI ukuran penuh pada laptop, tetapi ini adalah laptop workstation yang serius untuk para profesional, dan tampilannya sangat menarik. lebih dari layak. 

Tentu saja, jika Anda menginginkan laptop tipis dan ringan yang lebih menekankan pada gaya daripada fungsional, maka selalu ada MacBook Air (M1, 2020), yang tetap menjadi pilihan kami sebagai laptop terbaik yang dapat Anda beli saat ini.

Anda mungkin juga memperhatikan bahwa ada port MagSafe 3. Ini adalah daya pengisian eksklusif yang memiliki elemen magnetik. 

Ini memungkinkan Anda menyambungkan catu daya dengan cepat dan mudah, dan jika kabel tercabut secara tidak sengaja, kabel pengisi daya akan terlepas dari MacBook Pro 14 inci dengan mudah tanpa kerusakan apa pun. 

Ini adalah tambahan yang disambut baik, terutama karena Anda juga masih dapat mengisi daya MacBook Pro melalui USB-C, sehingga adaptor MacBook Pro yang lebih lama (atau pengisi daya untuk merek laptop lain yang menggunakan USB-C) masih dapat digunakan, meskipun baterai tidak dapat diisi. secepatnya. Namun, ini semua tentang pilihan, dan MacBook Pro 14-inci memberi Anda banyak pilihan.

Secara keseluruhan, desain baru MacBook Pro 14-inci sangat populer. Fitur tambahan Apple yang kami tunggu-tunggu, termasuk bezel yang lebih tipis dan lebih banyak port, sambil menambahkan layar lebih besar yang menakjubkan juga. 

Muncul dalam dua warna, Silver dan Space Grey, yang mungkin mengecewakan siapa pun yang mengharapkan konsep ulang yang penuh warna seperti iMac, tetapi mereka mempertahankan tampilan MacBook yang berkelas dan ikonik.

Berikut performa MacBook Pro 14-inci (2021) dalam rangkaian pengujian benchmark kami:

  • Cinebench R23 CPU: Single-Core: 1.533; Multi-Core: 12.370
  • Geekbench 5 Single-Core: 1.766; Multi-Core: 12.514
  • Battery Life (uji film TechRadar): 15 jam dan 58 menit
  • Handbrake (1080p, Fast): 71,32 fps
  • PugetBench Photoshop: 804 poin

Sementara desain baru MacBook Pro 14-inci (2021) adalah salah satu hal yang paling menarik tentang produk ini, tweak yang dilakukan Apple pada perangkat keras di bawah sasis bahkan lebih menarik.

 Apple mengejutkan kami dengan chip M1-nya ketika memulai debutnya di MacBook Pro 13 inci tahun lalu. 

Untuk percobaan pertama pada silikon laptopnya sendiri, setelah sebelumnya menggunakan komponen Intel, ini adalah pertunjukan yang meyakinkan dan sukses, memberikan MacBook Pro 13-inci (M1, 2020) dan MacBook Air (M1, 2020) daya yang cukup untuk mengedit video 8K , sambil juga membanggakan daya tahan baterai yang luar biasa.

Jadi, ketika Apple mengumumkan bukan hanya satu, tetapi dua chip baru di acara peluncuran MacBook Pro 14-inci, kami duduk dan memperhatikan. M1 Pro dan M1 Max keduanya tersedia di MacBook Pro 14-inci, dan menawarkan kinerja yang jauh melebihi M1.

Terlepas dari prosesor apa yang Anda pilih, baik M1 Pro dan M1 Max adalah lompatan besar di atas chip M1 yang ada, dan chip M1 bukanlah hal yang buruk untuk memulai.

M1 Pro (yang ada di perangkat ulasan kami) memiliki arsitektur chip ganda yang mendukung memori terpadu hingga 32GB, dengan bandwidth 200GB/dtk, yang hampir tiga kali lipat bandwidth M1.

CPU memiliki delapan inti berkinerja tinggi dan dua inti berefisiensi tinggi, dan M1 Pro akan beralih di antara keduanya untuk mengoptimalkan kinerja ke tugas apa pun yang Anda jalankan. 

Untuk grafis, M1 Pro hadir dengan GPU 16-core dengan 2.048 unit eksekusi, dan kinerja 5,2 teraflops, yang dijanjikan Apple adalah kinerja grafis dua kali lebih cepat dibandingkan dengan M1.

Ada juga versi M1 Pro dengan total delapan core. Ini tampaknya enam kinerja dan dua inti efisiensi, dan GPU 14-inti, dan tersedia dalam model MacBook Pro 14-inci yang lebih murah.

Jika Anda memiliki uang yang membakar lubang di saku Anda, atau beberapa aplikasi yang sangat menuntut untuk dijalankan, maka Anda dapat memilih M1 Max sebagai gantinya. 

Chip andalan ini mendukung hingga dua kali jumlah memori sebagai M1 Pro, dan juga terdiri dari 57 miliar transistor, hampir dua kali lipat dari M1.

Penting untuk dicatat bahwa M1 Max hadir dengan prosesor 10-core yang sama dengan M1 Pro, tetapi Anda tentu mendapatkan beberapa manfaat lain. Untuk performa grafis, M1 Max hadir dengan 32 core, dua kali lipat dari M1 Pro.

GPU ini juga dilengkapi dengan 4.096 unit eksekusi, dua kali lebih banyak dari M1 Pro, serta dua kali utas bersamaan maksimum (98.304 vs 49.512).

Model yang kami tinjau hadir dengan 10-core M1 Pro, memori 32GB, dan SSD 512GB, dan saat kami menggunakannya, kami menemukan itu bekerja dengan sangat baik.

Untuk penggunaan sehari-hari, macOS Monterey sangat cepat dan responsif, dan ketika hanya menjelajahi internet, layar ProMotion MacBook Pro 14-inci, yang memiliki kecepatan refresh hingga 120Hz, berarti menggulir halaman web (atau dokumen) ke atas dan ke bawah. sangat halus.

Tentu saja, Anda ingin laptop kaliber ini melakukan lebih dari sekadar penelusuran web, dan dalam hal pekerjaan kreatif kelas profesional tugas berat, MacBook Pro 14-inci benar-benar bersinar.

Kekuatan nyata di balik chip M1 Pro berarti kami dapat membuat dan mengedit adegan 3D kompleks di Cinema 4D dengan cepat dan mulus, dengan memori terpadu yang memungkinkan beberapa beban kerja yang sangat intensif ditangani dengan sangat baik. 

Ini benar-benar menawarkan kinerja tingkat workstation di laptop portabel. Kami juga mengaktifkan Final Cut Pro untuk mengedit video 8K, dan prosesnya sangat mulus. 

Kami dapat menelusuri garis waktu bolak-balik, dan rekaman definisi ultra tinggi bahkan tidak berhenti sebentar – dan kami bahkan dapat menambahkan empat aliran 8K ke sebuah adegan dan memutarnya secara bersamaan. Hal-hal yang benar-benar mengesankan.

Saat mengerjakan proyek ini, kami tidak hanya terkesan dengan kinerja mentah yang ditawarkan MacBook Pro 14 inci, tetapi juga betapa bagusnya tampilannya .

Ini berkat layar baru, yaitu layar Liquid Retina XDR yang menampilkan teknologi mini-LED, yang dapat menghadirkan kecerahan layar penuh hingga 1.000 nits, kecerahan puncak 1.600 nits, dan rasio kontras 1.000.000:1 dan Gamut warna lebar P3.

Ini menghasilkan kualitas gambar yang sangat mengesankan saat mengerjakan video dan foto. Rekaman yang kami edit dalam 8K juga dalam HDR, dan layar MacBook Pro 14-inci memamerkannya dengan segala kemegahannya. Satu-satunya cara itu akan terlihat lebih baik adalah jika itu dalam 8K asli, tapi itu meminta sedikit banyak.

Namun, ini adalah salah satu tampilan paling mengesankan yang pernah kami lihat di laptop. Pada satu titik, kami sedang mengedit adegan 3D di Cinema 4D, dan memindahkan pencahayaan ke sekeliling, yang untuk sesaat membuat kami terpesona. 

Itu adalah contoh yang sangat baik tentang betapa cerah dan bersemangatnya layar ini. Selama beberapa tahun terakhir, MacBook Apple tidak lagi menjadi rumah bagi layar laptop terbaik yang dapat Anda temukan. 

Penawaran OLED definisi sangat tinggi dari Dell dan Gigabyte melampaui MacBook Apple. Tidak lagi: Apple sekali lagi memiliki layar terbaik yang bisa Anda dapatkan di laptop dengan MacBook Pro 14-inci (2021) dan MacBook Pro 16-inci (2021).

MacBook tidak hanya populer di kalangan editor video dan fotografer, tetapi musisi dan produser musik sering menggunakannya, dan kabar baiknya adalah MacBook Pro 14 inci juga berfungsi dengan baik di sini. 

Kami bermain-main dengan proyek yang sangat kompleks di Logic Pro, dengan skor orkestra yang memiliki lebih dari 1.500 trek terpisah. 

Proyek ini diberikan kepada kami oleh Apple (kami tidak cukup berbakat untuk melakukan sesuatu yang rumit dari jarak jauh), dan itu adalah contoh yang bagus dari apa yang dapat ditangani oleh MacBook Pro 14-inci, dan chip M1 Pro-nya. 

Memuat proyek sangat cepat, dan kami dapat melewati trek tanpa hambatan apa pun, sambil mengedit dan mengubah trek dengan cepat.

MacBook Pro 14-inci tetap bertahan dengan mengagumkan, dan juga terdengar luar biasa berkat pengaturan enam speaker.

Apa yang mungkin paling mengesankan tentang semua ini, adalah bahwa bahkan ketika MacBook Pro 14-inci berjalan dengan baterai, tidak ada penurunan kinerja yang nyata. 

Ini cukup luar biasa, karena laptop biasanya membatasi beberapa komponen yang paling menuntut saat menggunakan baterai untuk membantu menghemat masa pakai baterai, yang berarti penurunan kinerja. Ini biasanya dianggap sebagai kompromi yang tak terhindarkan, dengan banyak orang hanya menerima bahwa jika Anda ingin melakukan tugas-tugas berat dengan laptop Anda, Anda harus mencolokkannya, tetapi itu berarti Anda dapat menggunakannya untuk hal-hal lain saat menggunakan baterai.

Permainan yang adil untuk Apple, karena pada dasarnya menghapus ini. Berkat kerja yang dilakukan dengan chip M1 Pro dan M1 Max, MacBook Pro 14-inci memungkinkan untuk terus bekerja dengan tugas-tugas kompleks dengan baterai – tanpa memengaruhi kinerja, atau mengurangi masa pakai baterai secara drastis. 

Mampu membuat adegan 3D yang kompleks, atau mengkompilasi dan menguji kode, semua pada baterai adalah perasaan yang luar biasa, dan bersama dengan layar yang sangat baik, speaker dan banyak port, berarti ini adalah workstation yang benar-benar portabel yang tidak perlu dicolokkan menjadi apa pun. Ini memberi Anda tingkat kebebasan yang luar biasa saat bekerja dengan laptop ini.

Kami sadar bahwa kami telah menggunakan kata 'luar biasa' sedikit dalam ulasan ini, tetapi ini merangkum apa yang telah dilakukan Apple dengan MacBook Pro 14 inci, dan jika Anda seorang profesional kreatif yang mencari workstation yang kuat. Anda dapat menggunakan di mana saja, ini adalah laptop untuk Anda, tanpa diragukan lagi.

Selama pengujian kami, kami juga tidak mendengar fans menendang, yang tentunya sangat mengesankan. 

Apple telah memberikan banyak perhatian pada desain termal MacBook Pro 14-inci baru, dan itu tampaknya terbayar, karena kami melakukan tugas yang akan menyebabkan kipas menjadi sangat keras dengan sangat cepat dengan laptop lain.

Layar benar-benar menjadi sorotan, dan bahkan ketika Anda tidak sedang membuat, tetapi bersantai dan menonton film, Anda mendapatkan pengalaman yang benar-benar fantastis. 

Seperti yang Anda bayangkan, Apple TV+ dan konten aslinya, yang mendukung Dolby Vision, terlihat (dan terdengar) sangat mengesankan dengan MacBook Pro 14-inci. Kami bahkan memainkan beberapa permainan di dalamnya juga.

Apple belum pernah membuat laptop gaming, tetapi MacBook Pro 14-inci dan 16-inci yang baru adalah yang paling dekat berkat chip M1 Pro dan M1 Max yang kuat, di samping layar kecepatan refresh yang tinggi. 

Kami memainkan tempat Metro Exodus di MacBook Pro 14-inci dan terkesan dengan seberapa baik penanganannya pada pengaturan ultra. Ada beberapa kendala di mana frame rate turun selama beberapa detik, tetapi Metro Exodus, seperti kebanyakan game lainnya, belum dibuat untuk Apple Silicon, sehingga berjalan melalui lapisan kompatibilitas Rosetta 2 Apple. 

Dengan sedikit penyesuaian pada pengaturan grafis, dan dukungan M1 yang ditingkatkan di masa mendatang, MacBook baru ini dapat menjadi mesin game yang tangguh, terutama edisi M1 Max. Itu bukan sesuatu yang kami pikir akan kami katakan tentang MacBook.

Perlu diperhatikan bahwa jika Anda menginginkan performa terbaik mutlak dari MacBook, Anda harus mendapatkan versi M1 Max 16-inci (2021) MacBook Pro, karena dilengkapi dengan 'Mode Daya Tinggi' eksklusif yang dirancang untuk meningkatkan kinerja bahkan lebih. Sayang sekali bahwa mode tidak tersedia bahkan dengan versi M1 Max dari MacBook Pro 14-inci.

Referensi lain : Laptop untuk Usaha

Kamera web dan mikrofon

Webcam dan mikrofon di laptop sekarang sangat penting karena banyak dari kita melakukan lebih banyak panggilan video ke teman, keluarga, klien, dan rekan kerja karena bekerja dari jarak jauh, jadi senang melihat Apple melakukan peningkatan di sini juga. 

Kami akhirnya memiliki webcam 1080p di MacBook, yang merupakan peningkatan serius dari perangkat keras 720p yang dulu disertakan Apple. 

Tidak hanya itu, webcam ini menggunakan lensa dengan aperture lebih lebar yang memungkinkan masuknya lebih banyak cahaya yang seharusnya membantu mencegah kebisingan latar belakang (bulu halus seperti statis yang aneh).

Bersama dengan sensor gambar yang lebih besar yang memiliki piksel lebih efisien, kamera memberikan kinerja cahaya rendah dua kali lebih baik, sehingga Anda tidak memerlukan pencahayaan mewah untuk tampil terbaik. 

Saat menggunakan MacBook Pro 14-inci, kami tentu saja terkesan dengan kualitas webcam dalam panggilan video. Akan lebih baik jika memiliki fitur ID Wajah sehingga kami dapat masuk dengan melihat webcam (seperti yang dapat kami lakukan dengan iPhone modern, atau dengan menggunakan webcam yang kompatibel dengan Windows Hello dengan perangkat Windows 10 dan Windows 11 ).

Dalam hal merekam audio, Apple telah menyertakan apa yang disebutnya sebagai mikrofon 'kualitas studio'. Ini adalah peningkatan pada mikrofon yang disertakan dalam model MacBook Pro 16-inci (2019) , yang sudah sangat mengesankan. 

Ini adalah array tiga mikrofon dengan rasio signal-to-noise yang ditingkatkan, dan kejelasannya sangat baik. 

Untuk panggilan video dan rapat, ini bekerja dengan sangat baik, dan dengan sekali tekan juga akan bekerja dengan baik untuk merekam vokal dan instrumen untuk podcast dan sesi jamming dadakan jika Anda tidak membawa mikrofon eksternal. Ini adalah hal lain, kemudian, bahwa Anda tidak perlu mencolokkan ke laptop ini.

Daya tahan baterai

Ketika Apple meluncurkan MacBook Pro 13-inci (M1, 2020), ia membual bahwa ia memiliki masa pakai baterai terpanjang yang pernah ada di MacBook, dan pengujian kami mengkonfirmasi hal itu, jadi ketika Apple mengungkapkan bahwa 14-inci dapat mengalahkan 13-inci dengan kekalahan tujuh jam, kami tidak sabar untuk mencobanya sendiri.

Apple mengklaim bahwa MacBook Pro 14-inci dapat mencapai hingga 17 jam saat memutar video layar penuh, dan 11 jam menjelajah web nirkabel. Dalam tes benchmark baterai kami sendiri, di mana kami memutar video 1080p berulang hingga baterai habis, kami menemukan bahwa itu berlangsung sangat mengesankan selama 15 jam dan 58 menit, tidak terlalu jauh dari klaim Apple selama 17 jam. MacBook Pro 13 inci (M1, 2020) bertahan selama 13 jam 22 menit dalam pengujian yang sama.

Lonjakan daya tahan baterai ini luar biasa, terutama jika Anda mempertimbangkan seberapa kuat laptop ini. Apple jelas telah bekerja keras untuk meningkatkan efisiensi chip M1 Pro dan M1 Max, dan itu berarti ini adalah laptop workstation yang kuat yang dapat Anda gunakan untuk bekerja seharian penuh dan masih memiliki daya tahan baterai yang tersisa. 

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, fakta bahwa dampak terhadap kinerja minimal saat dicabut berarti untuk pertama kalinya Anda memiliki laptop yang dapat Anda lakukan beberapa beban kerja yang sangat intensif saat kehabisan baterai. Bahkan laptop Windows terbaik pun tidak dapat bersaing dengan itu.

Adaptor daya baru yang disertakan dengan MacBook Pro 14-inci (2021) dapat mengisi daya baterai hingga 50% hanya dalam 30 menit. Artinya, ketika kami menggunakan MacBook baru, beberapa kali baterai cukup turun untuk kami isi ulang, kami tidak perlu menunggu lama untuk mencapai 100%.

Posting Komentar untuk "Laptop Bagus Untuk Gaming Terbaru dari MacBook Pro"