Inilah Robot yang akan Menjahit Bajumu di Masa Depan

Agustus 14, 2017
https://www.seribupena.com/2018/01/inilah-robot-yang-akan-menjahit-bajumu.html

Perkembangan robotik di dunia semakin menemui titik puncak kejayaan. Tidak hanya di dunia elektronik, kini sudah masuk ranah industri pakaian. Dalam satu artikel yang saya baca, robot yang disebut Sewbots akan mampu memproduksi 1 pakaian dalam tempo 22 detik saja.


Georgia Tech Spin-off di Atlanta mengklaim telah menciptakan robot jahit otomatis ini. Robot cerdas itu dipanggil Sewbots.

Sebagai pembuktian, di pabrik Arkansas misalnya, perusahaan Tianyuan Garments Co., produsen pakaian baju terbesar di China, memproduksi 23 juta kaos per tahun untuk Adidas menggunaka robot Sewbots. Ketua Tianyuan mengatakan, ke depan bahkn seluruh dunia tidak akan mampu menyaingi mereka sekalipun menggunakan tenaga kerja termurah di dunia.

Bahkan dalam perencanaan, perusahaan China itu akan memproduksi kaos di Amerika serikat.  Hal ini tentu akan menjadi momen penting dalam persaingan industri di negeri Paman Syam, yang saat ini dipimpin Om Donald Trump.

Pengakuan atas kehebatan robot ini juga datang dari komentar Styandra K.Gupta, direktur Advanced Manufacturing of Southerm California, Los Angeles. Menurutnya robot ini nanti tidak hanya akan memproduksi pakaian yang murah dan cepat, tapi juga akan mampu memproduksi pakaian dengan ukuran sesuai kebutuhan pembeli dengan pesanan paling cepat.

Namun di tengah kemajuan robot cerdas ini, sebagian pengamat mengatakan akan berpengaruh terhadap pekerja manusia. Akan banyak orang kehilangan lapangan kerja.  Tapi perusahaan mulai memikirkan bahwa para pekerja nanti akan mendapatkan lapangan kerja yang baru.
Robot Penjahit Baju BaruRobot Jahit bernama Softwear ini akan melakukan tugas menjahitnya dengan kemampuan kamera beresolusi tinggi untuk melacak benang yang memandu arah menjahit. Semisal benang pola yang sudah diprogram untuk dideteksi oleh mesin dalam proses menjahit.
Robot Penjahit Baju Baru
Untuk saat ini, Sewbots baru bisa memproduksi kaos  dengan desain umum. Belum bisa masuk ke ranah produksi pakaian yang lebih spesifik, seperti gaun pengantin, baju tradisional, dan jenis pakaikan lainnya yang memiliki pola yang rumit.

Namun begitu, dikatakan bahwa robot Sewbots akan terus dikembangkan dan akan melakukan upgrading kemampuan menuju produksi yang lebih baik. Dan kemungkinan, baju yang kau pakai adalah salah satu jahitan Sewbots.


View the video Below :

Related Posts

Load comments

Comments